0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Rilis Fitur Keamanan Baru Untuk Blokir Aplikasi Tidak Terverifikasi

Peringatan aplikasi tidak terverifikasi. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Setelah sebuah phishing scam menyerang para pengguna Google Docs, Google memutuskan untuk memperketat keamanan mereka. Mereka mengumumkan sebuah fitur keamanan baru.

“Mulai hari ini, kami merilis sebuah layar ‘unverified app’ untuk sebuah aplikasi web dan App Scripts yang baru dibuat yang memerlukan verifikasi. Layar baru itu menggantikan halaman ‘error’ yang diterima oleh pengembang dan pengguna aplikasi web tidak terverifikasi hari ini. Layar ‘unverified app’ itu mendahului layar permintaan izin untuk aplikasi dan pengizinkan calon pengguna untuk tahu jika aplikasi itu belum terverifikasi. Hal ini akan menolong mengurangi resiko data pengguna dicuri oleh pelaku kejahatan,” tulis Google.

Peringatan atau notifikasi kepada para pengguna tentang aplikasi yang tidak terverifikasi dianggap efektif. Para pengguna tahu jika aplikasi yang akan mereka gunakan belum terverifikasi. Jika pengguna memutuskan menggunakan aplikasi itu, berarti mereka tahu resikonya. Kedua, para pengembang aplikasi bisa menguji aplikasi mereka lebih mudah. Bila pengguna memutuskan tetap menggunakan aplikasi yang belum terverifikasi itu, maka mereka secara tidak langsung membantu menguji aplikasi itu.

“Kami berkomitmen membangun sebuah ekosistem yang sehat antara pengguna dan pengembang. Notifikasi-notifikasi baru ini akan menginformasikan para pengguna secara otomatis jika mereka mungkin berada dalam resiko bahaya, memampukan mereka membuat keputusan dengan informasi yang ada untuk menjaga keamanan data mereka dan hal itu akan memudahkan para pengembang aplikasi menguji dan mengembangkan aplikasi mereka,” tulis Google.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge