0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada, Perantau Tetap Harus Urus KTP

(merdeka.com)

Karanganyar — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar mengimbau warga Bumi Intanpari di perantauan memastikan dirinya berhak pilih pada Pilkada 2018 mendatang. Bagi yang telah berusia 17 tahun tapi belum memiliki KTP atau bakal genap 17 tahun pada pemungutan suara Juni 2018 mendatang, dipersilakan mengurus administrasi kependudukannya di tempat perantauan.

“Mereka tak perlu pulang ke kampung halaman karena sistem perekaman dan pencatatan sipil sudah secara online,” kata Kepala Disdukcapil Karanganyar, Suprapto kepada wartawan, kemarin.

Hingga Juni 2017, sebanyak 27 ribu calon pemilih potensial pemilu belum merekam e-KTP. Jumlah itu dipastikan berkurang seiring kesadarannya merekam data kependudukan.

Komisioner KPUD Karanganyar Muhammad Maksum mengatakan tahapan Pilkada dimulai Agustus mendatang dengan sosialisasi, pendataan pemilih, pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan pencalonan sekaligus verifikasi dukungan calon perseorangan. Sedangkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) akan disahkan pada awal 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge