0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawanan Kera Serang Pemukiman Warga, Pemkab Turun Tangan

Kawanan kera menyerang tanaman milik petani (dok.timlo.net/red)

Wonogiri – Serangan kera liar semakin meresahkan warga di dua kecamatan. Seperti di Desa Sendang, Kelurahan Giriwono, Kelurahan Wuryorejo Kecamatan Wonogiri dan Desa Pare Kecamatan Selogiri.

”Kawanan kera tidak hanya mengganggu tanaman warga. Tetapi telah memasuki pekarangan dan mengganggu permukiman warga,” ungkap Kabag Perekonomian Setda Wonogiri, Edy Tri Hadiyanto, Selasa (18/7).

Mengatasi hal tersebut, pihaknya mengundang kades dan lurah untuk mengatasi persolan tersebut.

“Dengan pertemuan ini kami ingin mengetahui masukan dan usulan untuk mengatasi persoalan ini,” lanjutnya.

Hasil dari pertemuan itu, ada beberapa masukan yang dihimpun. Antara lain usulan untuk memperbaiki habitat kera karena cadangan pakan di hutan semakin berkurang. Adapun usulan lain adalah mengurangi populasi kera.

”Tapi kalau untuk mengurangi populasi kera, kami perlu berkonsultasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Peternakan,” terangnya.

Kepala Desa Sendang, Budi Hardono menyarankan agar warga masyarakat dan pemerintah bergotong royong menanam pohon buah di gunung- gunung yang didiami kawanan kera agar kera tidak turun gunung. Ia pun taksepaham terkait usulan dengan mengurangi jumlah populasi kera.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge