0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinas Dukcapil Konsolidasi Data Pemilih Pemilu

ilustrasi pemilu (merdeka.com)

Karanganyar — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) Karanganyar melakukan konsolidasi dengan Kemendagri terkait daftar calon pemilih pilkada 2018. Daftar pemilih potensial pemilu merupakan salah satu poin penting yang harus tuntas sebelum Desember 2017.

“Calon pemilih potensial pemilu adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun namun belum e-KTP atau diperkirakan genap 17 tahun pada pemungutan suara Pilkada Karanganyar pada Juni 2018 mendatang,” kata Kepala Disdukcapil Karanganyar, Suprapto kepada wartawan, kemarin.

Hingga Juni lalu, jumlah calon pemilih potensial pemilu sebanyak 27 ribu orang. Jumlahnya berkurang signifikan seiring kesadaran merekam e-KTP. Pada sebelum lebaran, jumlahnya 34 ribu orang.

“Tiap kantor kecamatan memiliki alat perekam e-KTP, blangko dan printernya. Kami meminta petugas memprioritaskan undangan rekam data bagi kalangan potensial pemilih pemilu dulu. Kami juga jemput bola ke sekolah-sekolah. Ini untuk mengejar seluruhnya bisa rekam data sebelum Desember nanti. Sebab, fata kependudukan e-KTP merupakan dasar seseorang berhak pilih,” katanya lagi.

Disdukcapil melaporkan secara periodik jumlah potensial pemilih pemilu tersisa ke Kemendagri. Nantinya, daftar calon pemilih pemiluakan diserahkan Kemendagri ke KPU pusat. Dari situ, KPU pusat akan menyerahkan ke KPU di Daerah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge