0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seberapa Sering Anda Harus Bercinta Supaya Awet Muda?

Telomere. (Dok: Timlo.net/ wolfsonintegrativecardiology.com)

Timlo.net—Para peneliti di California, Amerika Serikat (AS) menemukan jika keintiman seksual dihubungkan dengan telomere yang lebih panjang. Telomere adalah bagian DNA yang berhubungan dengan usia. Telomere akan memendek seiring bertambahnya usia.

Para peneliti mensurvei 129 wanita, semuanya memiliki pasangan. Dalam survei, mereka diminta menjelaskan aktivitas seksual mereka dalam seminggu. Selain itu para peneliti juga mengambil sampel darah mereka.

Telomere yang panjang ditemukan pada wanita yang memiliki hubungan intim mingguan. Pemimpin penelitian Tomás Cabeza de Baca dari the University of California berkata jika telomere merupakan indeks biologis tentang usia dan kesehatan. Mereka melindungi kromosom dari penuaan dan menjaga integritas DNA.

”Walaupun proses kehidupan normal,seperti penuaan dan replikasi sel memperpendek telomere, stres psikologis yang berkelanjutan mempercepat proses itu. Seiring berjalannya waktu, telomere yang pendek bisa menyebabkan penyakit degeneratif dan kematian dini,” katanya.

Penelitian sebelumnya menghubungkan telomere dengan peningkatan resiko terkena penyakit. Pola makan yang sehat dan olahraga bisa mengkontrol panjang pendek telomere hingga tahap tertentu.

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge