0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

37 Koperasi di Solo bakal Ditutup, Ini Alasannya

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Nur Haryani (dok.timlo.net/red)

Solo — Dinas Koperasi dan UKM kota Solo akan menindak tegas koperasi yang dianggap tidak aktif. Hingga saat ini, sedikitnya sudah ada puluhan koperasi yang diajukan ke pemerintah pusat untuk dilakukan pembubaran.

“Sudah ada 37 koperasi yang kita ajukan untuk ditutup. Dan hingga akhir tahun lalu empat diantaranya sudah resmi ditutup,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Nur Haryani kepada wartawan, Selasa (18/7).

Sementara untuk sisanya, ia menyebut 25 koperasi masih dalam proses penutupan dan delapan diantaranya sedang dilakukan proses pendampingan oleh Dinkop dan UKM. Pendampingan itu dilakukan, karena ada itikad baik dari pengurus untuk dapat mengaktifkannya lagi koperasinya.

“Sebenarnya kami itu tidak ingin menutup koperasi, karena bagaimanapun juga mereka memberikan andil terhadap perekonomian masyarakat. Sehingga sebelum melakukan penutupan biasanya ada pendekatan yang kita lakukan, dengan harapan bisa memberdayakan koperasi mereka,” jelasnya.

Dalam melakukan proses penutupan itu, Nur mengaku ada beberapa kategori untuk menentukan koperasi itu tidak aktif lagi. Diantaranya adalah tidak melaporkan kinerja secara triwulan, semester, maupun tahunan, tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi dua tahun berturut-turut,. Serta tidak ada aktifitas didalam koperasi sehingga vacum pengurus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge