0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Hadirkan e-JKN

Layanan di BPJS Kesehatan (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo —  Memasuki usianya yang ke-49 tahun, Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali melakukan terobosan program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan itu adalah dengan menghadirkan aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN).
 
Program eJKN ini dirancang untuk memudahkan peserta dalam melakukan berbagai perubahan data dalam status kepesertaannya di program JKN-KIS,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dalam rilis yang dikirim kepada Timlo.net, Selasa (18/7).
 
Menurut Fachmi, dalam aplikasi itu disediakan sedikitnya 16 fitur yang bisa dimanfaatkan para peserta, diantaranya fitur pindah fasilitas kesehatan (Faskes)fitur perubahan identitas, dan fitur pindah kelas.fitur pada aplikasi Mobile JKN ini, lanjut dia juga akan terus dikembangkan dan diperkaya dengan fitur-fitur lainnya, yang mengakomodir kebutuhan peserta agar kian menikmati pelayanan Program JKN-KIS yang berkualitas.
 
“Kita berharap dengan adanya fasilitas penunjang ini bisa semakin meningkatkan pelayanan kepada para peserta JKN-KIS,” jelasnya.
 
Ia juga menjelaskan, berdasarkan data per 14 Juli 2017 terdapat 179.011.459 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 20.877 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 9.829 Puskesmas, 4.523 Dokter Praktik Perorangan, 1.151 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.360 Klinik Pratama, dan 14 RS D Pratama.
 
BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.451 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.179 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.274 Apotek, serta 998 Optik,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge