0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengenalan Lingkungan Sekolah, Siswa Baru Dikenalkan Guru

Siswa baru berkenalan dengan para guru (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mengawali tahun ajaran 2017/2018, SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta mengadakan program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selama satu minggu ke depan. Program ini difokuskan pada pengenalan siswa kelas 1 terhadap guru, karyawan, dan lingkungan sekolah.

“Program PLS hari pertama dan kedua digunakan untuk mengenalkan siswa kelas 1 untuk mengenal guru dan siswa di kelas 1,” ungkap Wahyu Widodo, salah satu guru kelas 1 kepada wartawan, di sekolah setempat, Solo, Selasa (18/7).

Hari ketiga dan keempat, kata Wahyu, untuk pengenalan lingkungan sekolah. Hari kelima dan keenam untuk pengenalan kultur atau budaya sekolah.

“Secara formal program PLS ini kami rancang selama seminggu, tetapi pada dasarnya proses transisi dari lingkungan TK ke SD biasanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan untuk menanamkan kultur dan mengenalkan aturan-aturan formal sekolah,” ungkapnya.

Berdasarkan pengalamannya selama ini, lanjut Wahyu, waktu tiga bulan itu semua guru dan orang tua/wali siswa benar-benarharus telaten dan sabar dalam mendampingi siswa. “Aturan-aturan sekolah tentunya belum bisa diterapkan secara saklek,” tandasnya.

Sementara itu, Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Muhamad Arifin mengungkapkan, pada tahun ajaran2017/2018 ini, SD Muhammadiyah PK Kottabarat menerima siswa baru sejumlah tiga kelas dan tiap kelas terdiri dari 28 siswa. Selama beberapa tahun terakhir ini SD Muhammadiyah PK Kottabarat selalu menempati peringkat pertama rata-rata nilai Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) di tingkat Kota Surakarta.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge