0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berprestasi di Bidang Olahraga, 64 Siswa Masuk KKO

Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo meresmikan Kelas Khusus Olahraga (KKO) dibawah naungan SMP Negeri 1 Surakarta, (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan Kelas Khusus Olahraga (KKO) di bawah naungan SMP Negeri 1 Surakarta, Senin (17/7). KKO mulai dilaksanakan tahun ajaran 2017/2018.

“KKO ini untuk mewadahi para bibit unggul khususnya di bidang olahraga,” ungkap Walikota Hadi Rudyatmo di sela-sela acara.

Rudy –panggilan akrab Walikota Surakarta mengatakan, para siswa yang diterima di KKO bukan hanya memiliki prestasi di bidang olahraga saja melainkan juga memiliki prestasi di bidang akademis. Sehingga karena siswa yang berada di KKO ini juga sebagai siswa dari SMPN 1 Surakarta, tidak ada perbedaan antara peserta didik di KKO dengan peserta didik lainnya di kelas reguler. Sehingga para peserta didik diharapkan tetap menjaga kualitas.

Kalau peserta didik ternyata tidak bisa menjaga kualitas, Rudy menegaskan akan diberlakukan sanksi terhadap peserta didik tersebut. Untuk sanksi tersebut, Rudy mengambil istilah dalam dunia sepak bola, yaitu degradasi atau menurunkan peserta didik. Artinya, peserta didik kemungkinan bisa dipindahkan ke sekolah lain. Termasuk jika dirinya mengetahui ada peserta didik di KKOada yang berkelahi dengan peserta didik lainnya di sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Joni Hari Sumantri, mengemukakan, jumlah peserta didik yang diterima dalam KKO di SMPN 1 Solo sebanyak 64 siswa. Kelas khusus tersebut mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018  ini merupakan satu-satunya di Jawa Tengah.

“Dari 95 orang siswa yang mendaftar  kelas khusus olahraga di SMPN 1 Solo yang lolos 64 siswa terdiri atas 41 putra dan 23 putri,” jelasnya.

Ke-64 siswa tersebut, menurut Joni, terbagi dalam 13 cabang olahraga (Cabor) masing-masing atletik dua siswa, renang lima siswa, bulu tangkis empat siswa, tenis lapangan dua siswa. Lalu tenis meja dua siswa, panahan enam siswa, sepak bola 16 siswa, bola voli 12 siswa, taekwondo tujuh siswa, karate tiga siswa, anggar dua siswa, pencak silat dua siswa dan judo satu siswa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge