0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FSRD UNS Gelar Kursus Batik bagi Mahasiswa Asing

Mahasiswa asing mengikuti kursus batik di FSRD UNS (timlo.net/heru gembul)

Solo — Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, menggelar kursus singkat membatik bagi mahasiswa asing, Senin (17/7). Acara yang dilaksanakan di Gedung II FSRD ini cukup menarik minat para mahasiswa untuk mempelajari teknik membatik.

“Tujuannya adalah agar batik dikenal tidak hanya motifnya saja yang indah, melainkan juga maknawi dari proses pembuatan batik ini,” ungkap Dekan FSRD UNS, Ahmad Adib.

Kursus singkat ini dibagi menjadi dua bagian, yakni teori dan praktik. Selain praktik membuat batik, mahasiswa asing asal Filipina, Thailand, Kamboja, Tarjikistan, Myanmar, Timor Leste, dan Yunani ini juga diajak untuk mengamati proses pembuatan batik di kampung-kampung pengrajin batik.

“Untuk lebih mendekatkan, dan mengangkat batik secara utuh. Tidak menutup kemungkinan para mahasiswa asing ini akan mengambil batik sebagai salah satu studi mereka,” imbuh dia.

Lebih jauh diterangkan, FSRD mendukung penuh program universitas dalam menciptakan fakultas sebagai andalan, pusat kajian, pusat pengembangan budaya dan mitra bagi masyarakat luas.

Sementara salah seorang peserta asal Filipina, Leizel Duhaylungsod, mengaku senang dengan adanya program seperti ini. Mahasiswi jurusan Bahasa Indonesia ini mengaku kegiatan ini dapat menambah pengetahuannya tentang berbagai budaya yang ada di Indonesia.

“Sangat teliti dalam pembuatannya, saya suka. Indonesia punya budaya banyak dan unik, rugi kalau tidak dipelajari,” selorohnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge