0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelurahan Siap Jadi Kawasan Bebas Rokok

Lurah Sangkrah, Singgih Bagjono (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Kelurahan di Solo siap menjalankan instruksi Walikota terkait penetapan kawasan bebas asap rokok di kantor-kantor pemerintah. Bahkan kebijakan kawasan tanpa asap rokok (KTR) sampai taraf tertentu sudah dilaksanakan di sejumlah kelurahan.

“Kami siap kalau memang ada instruksi seperti itu (kantor pemerintah menjadi kawasan bebas asap rokok),” kata Lurah Sangkrah, Singgih Bagjono, Senin (17/7).

Rencana Pemkot menerapkan kawasan bebas asap rokok di kantor-kantor pemerintah ditanggapi positif. Pihaknya sampai taraf tertentu sudah menerapkan area bebas asap rokok di kantor kelurahan tempat ia bertugas.

Aturan tersebut sudah diberlakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Sejak awal Pemkot Solo mencanangkan program Kota Layak Anak (KLA). Meski belum sepenuhnya, kantor-kantor kelurahan sudah tegas melarang petugasnya merokok saat melayani masyarakat.

“Di dalam kantor tidak ada yang merokok. Kalau merokok ya di halaman,” kata dia.

Singgih siap menerapkan hal serupa di hingga ke seluruh kawasan kantor kelurahan bila ada instruksi dari Walikota.

“Kalau memang yang diminta kawasan kelurahan harus bebas asap rokok berarti mulai dari gerbang sudah tidak boleh ada yang merokok. Kalau mau merokok keluar dari kompleks kelurahan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge