0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Berbagai Jenis Cabai Kembalai Naik

Pedagang cabai di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan harga, kini harga komoditas cabai di Pasar Legi Solo kembali merangkak naik. Tingginya harga itu karena dipengaruhi pasokan barang yang berkurang.

“Sebelumnya untuk cabai rawit merah sempat turun diangka Rp 30 ribu per kilogram. Namun sejak tiga hari terakhir ini kembali merangkan naik menjadi Rp 35 ribu/kg,” ujar salah seorang pedagang cabai, Sri Lestari kepada wartawan, Senin (17/7).

Selain rawit merah,menurutnya lonjakan harga juga terjadi pada jenis cabai merah besar. Yaitu dari sebelumnya Rp 12 ribu/kg menjadi Rp 16 ribu/kg. Cabai kriting merah dari sebelumnya Rp 10 ribu/kg menjadi Rp 14 ribu/kg. Sedangkan untuk rawit hijau cenderung stabil diangka Rp 15-20 ribu/kg.

“Berbagai jenis cabai itu mengalami kenaikan harga karena pasokan barangnya berkurang. Bahkan untuk saat ini pasokan cabai dari luar kota seperti Banyuwangi dan Madura juga kosong, dan kalaupun ada harganya cukup tinggi daripada yang lokalan,” jelanya.

Tidak hanya cabai, lonjakan harga juga terjadia pada komoditas lainnya. Salah seorang pedagang, Maryani mengaku untuk harga telur ayam ras dan garam kemasan merangkak naik sejak seminggu terakhir.

“Teluar ayam ras dari sebelumnya Rp 19 ribu/kg sekarang menjadi Rp 21.500/kg. Sedangkan garam kemasan dari sebelumnya Rp 19 ribu menjadi Rp 21 ribu per pax nya,” tandas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge