0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lumpuh Sejak Usia Tiga Tahun, Rina Hariyani Butuh Uluran Tangan

Penderita lumpuh layu, Rina Hariyani (27) (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Rina Hariyani (27), warga Dukuh Kuwangen RT 04, Kelurahan Ngembat Padas, Kecamatan Gemolong, yang menderita lumpuh layu sejak usia tiga tahun, membutuhkan uluran tangan. Sehari-harinya gadis tersebut hanya bisa tergolek di ranjang tanpa bisa melakukan sesuatu.

“Dia mengalami lumpuh layu sejak berumur tiga tahun. Dulu anak saya itu pernah jatuh saat bermain. Setelah itu dia sering jatuh dan mengalami step,” kata Suhari (67), ayah kandung Rina, Minggu (16/7).

Suhari menuturkan, dulu awalnya ketika Rina sedang bermain di samping rumah tiba-tiba saja jatuh. Setelah itu di hari berbeda dia sering jatuh mendadak dan langsung step.

Keadaannya bertambah parah dan berkelanjutan hingga sekarang dia menjadi lumpuh total, tidak bisa bergerak ataupun bicara. Rina hanya bisa memanggil kedua orang tuanya untuk minta makan dan minum .

Sehari-harinya, Rina hanya di rawat oleh ibunya, Ginem (50). Lantaran hanya tergolek di tempat tidur, Rina terpaksa diberi pempers agar tidak merepotkan ketika buang hajat. Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum saja, keluarga ini juga mengalami kesulitan.

Sementara Suhari yang sehari-hari hanya sebagai tukang Becak di Pasar Gemolong jelas penghasilannya jauh dari cukup. Dia hanya bisa berharap ada uluran tangan dari pemerintah dan berupaya agar putrinya tersebut bisa sembuh.

“Harapan saya hanya supaya Rina bisa sembuh dan bisa seperti anak pada umumnya,” ujarnya.

Dia mengaku, meski sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), keluarganya tetap membutuhkan uluran tangan dan dukungan untuk pengobatan Rina.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge