0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Sangkrah Direnovasi, Pedagang Tempati Pasar Darurat

Walikota meninjau pasar darurat sangkrah saat peresmian, Minggu (17/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pedagang Pasar Sangkrah resmi menempati pasar darurat di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Para pedagang akan menempati lokasi sementara itu selama pembangunan Pasar Sangkrah berlangsung. Pasar yang ditempati sekitar 119 pedagang itu diperkirakan rampung dalam enam bulan.

“Selesai perobohan akan langsung kita bangun,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo di sela acara tasyakuran penempatan pedagang di pasar sementara, Minggu (16/7).

Pasar Darurat yang menjadi tempat berjualan sementara para pedagang terletak tak jauh dari lokasi pasar yang direnovasi. Hanya sekira 100 meter ke arah Timur. Tepatnya lahan bekas gudang gaplek milik PT KAI yang lama tak digunakan.

Menurut rencana awal, pasar darurat akan dibangun di lahan kosong di Timur Benteng Vastenburg. Namun dengan beberapa pertimbangan, Pemkot mengalihkanny ke lokasi lain. Sejumlah pedagang pun mengaku setuju dengan keputusan Pemkot.

“Di sini lebih dekat dengan rumah-rumah warga. Kalau di sana (benteng), siapa yang mau beli,” kata salah satu pedangan, Tumiyem.

Pembangunan kios pasar darurat sendiri sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Selesai dibangun, Disdag membagikan kios dan lapak kepada pedagang, Rabu (12/7). Para pedagang secara bertahap memindahkan barang dagangan pada hari yang sama.

“Sudah dari kemarin. Cuma peresmiannya baru sekarang,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge