0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM STIKES PKU Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik

(foto: Tyo Eka)

Solo – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta bersinergi dengan LPPI UMS dan LPPM STIKES Aisyiah Surakarta menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Diikuti 38 peserta dari berbagai institusi perguruan tinggi, bahkan peserta workshop ini berasal dari Papua, Nusa Tenggara, dan sejumlah daerah lain.

“Kegiatan workshop ini sangat penting bagi pengelola publikasi ilmiah di institusi perguruan tinggi, terkait dengan tuntutan akreditasi lembaga publikasi ilmiah yang mewajibkan proses publikasi ilmiah secara elektronik,” ungkap Wakil Rektor bidang I UMS, Dr. Muhammad Da’i, M.Si, Apt seusai acara workshop, di Sunan Hotel Solo, Sabtu (15/7).

Manfaat workshop ini, kata Dai, bagi institusi, sebagaimana ketentuan DIKTI dan LIPI jurnal ilmiah yang mendapatkan nilai tinggi dalam akreditasi adalah jurnal yang telah menggunakan sistem pengelolaan berbasis elektronik (e-journal) salah satunya OJS, hal ini akan meningkatkan nilai akreditasi Perguruan Tinggi.

Adanya regulasi sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal), maka pengelola jurnal dituntut untuk mampu mengelola jurnal pada institusi masing-masing dalam e-journal. Dengan penyiapkan pengelola jurnal, editor, reviewer e-journal akan meningkatkan mutu jurnal yang dimiliki masing-masing institusi perguruan tinggi.

Sementara Ketua editor jurnal PROFESI STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Ida Untari, SKM., M.Kes yang juga panitia workshop mengatakan, workshop pengelolaan jurnal elektronik ini bertujuan untuk memberikan tutorial internsif mengenai cara menggunakan Open Journal System (OJS) pada pengembangan jurnal publikasi elektronik bagi pengelola jurnal di perguruan tinggi.

Materi pada workshop ini meliputi manajemen pengelolaan jurnal berbasis elektronik dan proses indeksasi, gaya selingkung sesuai akreditasi dan aplikasi OJS sebagai journal manager, editor, reviewer dan author. Kegiatan bagi journal manager mulai dari persiapan pembuatan OJS, mengedit tampilan OJS dan pengaturan-pengaturan yang diperlukan pada pengelolaan e-jurnal. Bagi editor mulai dari proses penerimaan artikel, pengunduhan artikel untuk diberikan reviewer kemudian mengirim kembali artikel yang sudah direview kepada author. Bagi author mulai dari registrasi, submisi dan pengunduhan artikel hasil review dan pengiriman kembali hasil revisi artikel yang akan di publikasi. Bagi reviewer mulai dari proses pengunduhan artikel yang akan di review dan pengiriman kembali artikel hasil review kepada editor.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge