0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Kapal Terbakar di Sungai Kenongo, Diduga Akibat Percikan Las

(merdeka.com)

Timlo.net – Belasan kapal terbakar di Sungai Kenongo, Pati, Sabtu (15/7). Kebakaran itu diduga akibat kegiatan pengelasan di salah satu kapal.

“Dugaan sementara ada kegiatan pengelasan di salah satu kapal,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Djarod Padakova.

Kebakaran itu diterima pihak kepolisian pada Sabtu siang. Hingga kini proses pemadaman masih dilakukan petugas gabungan pemadam kebakaran.

“Laporan Kapolres masih melakukan pemadaman,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, laporan yang diterimanya peristiwa kebakaran itu Pukul 13.50 WIB.

Salah satu kapal ternyata milik perusahaan ikan PT. Raffindo. Kapal berukuran 120 GT jenis Pursin ini merupakan kapal perusahaan milik Wakil Bupati Pati Saiful Arifin. Kondisi kapal pencari ikan ini ludes dan hanya menyisakan puing setelah ikut terbakar akibat dari pengelasan salah satu kapal lainnya yang bersandar.

“Posisi saya saat kejadian masih berada di Jakarta,” kata Saiful Arifin saat dikonfirmasi.

Arifin mengaku mendapat informasi kebakaran itu siang hari dari anak buahnya. Menurut dia, kapal miliknya yang terbakar biasa mencari ikan di kawasan Sumatera dan Papua serta baru diperbaiki.

“Baru saja kita perbaiki di dok kapal. Baik perbaiki kondisi dalamnya kapal maupun perbaikan kondisi mesinya supaya prima saat bekerja dan dioperasikan mencari ikan,” ungkap Arifin.

Arifin mengakui jika kebakaran diakibatkan oleh kecerobohan nelayan saat melakukan perbaikan kapal dengan cara mengelas kapal.

“Ya memang akibat kecerobohan teman-teman nelayan saat mengelas kapal,” ujar Arifin.

Arifin bersyukur saat kejadian terjadi, beberapa anak buah kapal (ABK) yang dimilikinya itu posisinya tidak berada di kapal.

“Untung saat kejadian mereka tidak berada di sekitar kapal,” tandasnya.

Arifin menambahkan, usai dikabari kejadian terbakarnya 14 kapal di Pulau Seperapat, Pelabuhan Juwana, Kabupaten Pati dirinya langsung pulang ke Pati untuk melihat kondisi terbakarnya belasan kapal, termasuk miliknya itu. Akibat kejadian itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin diperkirakan mengalami kerugian ratusan juta rupiah karena kapalnya ludes terbakar api.

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge