0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur Soroti Kasus Penipuan Umroh

Gubernur Jawa Tengah Saat Membuka Ga-Amphuri Islamic Umroh Travel Expo (Aite) di Solo Paragon Mall (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Banyaknya kasus penipuan yang dilakukan oleh biro perjalanan umroh mendapat sorotan dari Gubernur Jawa Tengah. Untuk menyikapi hal itu, selain akan menindak tegas  para jamaah juga diminta untuk dapat lebih berhati-hati.

“Sebenarnya untuk melihat penyelengara umroh tidak kredibel itu mudah, yaitu biasanya harganya murah,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat (14/7).

Dengan mematok harga murah dari pasaran, Ganjar menyebut sangat tidak logis. Pasalnya biaya operasional perjalanan umroh sudah dapat dikalkulasi mulai dengan melihat harga tiket pesawat, hotel serta akomodasi yang lain.

“La kok bisa murah itu memangnya harga tiket dan hotelnya berapa? Jadi mestinya jamaah itu juga jangan langsung mudah percaya begitu saja,” jelasnya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua DPD Amphuri Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono mengatakan, dalam even Ga-Amphuri Islamic Umroh Travel Expo (Aite) itu dipastikan tidak ada biro perjalanan yang akan berbuat curang. Pasalnya proses seleksi yang dilakukan untuk menjadi peserta cukup ketat, bahkan hanya mereka yang dianggap kredibel dan memiliki track record baik yang diterima.

“Tidak semua biro yang mendaftar sebagai peserta kita terima. Karena memang kita tidak ingin menjadi bagian dari masalah melainkan memberikan solusi,” jelasnya.

Terkait dengan maraknya kasus penipuan itu, Endro menghimbau masyarakat untuk dapat lebih berhati-hati. Pasalnya, tidak ada jaminan mereka yang menawarkan harga murah atau belum berijin pasti melakukan penipuan.

“Kalau ada yang menawarkan harga lebih murah dari yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu sebesar Rp 19 Juta silahkan konsultasi ke asosiasi. Karena kita sudah punya data terkait data base dari biro yang ada,” tandasnya

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge