0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calon Haji Manasik dan Simulasi di ‘Karanganyar Air’

Jemaah calon haji mengikuti simulasi naik pesawat terbang di Edupark Tasikmadu. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Manasik haji di Karanganyar menyimulasikan penerbangan komersil menuju Tanah Suci. Lokasi simulasi di Taman Dirgantara Edupark Tasikmadu.

“Rencananya, 567 jemaah itu akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (kloter). Kloter 21 berangkat pada 2 Agustus 2017. Pukul 13.00 WIB sudah harus masuk asrama haji Donohudan. Kloter 77 berangkat 19 Agustus, pukul 17.00 WIB masuk Donohudan, dan kloter 78 pada 20 Agustus pukul 07.00 WIB masuk ke asrama haji,” kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Karanganyar, Museri kepada wartawan, Kamis (13/7).

Jemaah calon haji dipersilakan nyicil suasana di lambung pesawat terbang. Di situ, mereka dibimbing doa jelang lepas landas dan doa saat mendarat. Selain itu, tata cara tayamum karena selama di perjalanan udara sulit mendapatkan air dan musala.

Tercatat sebanyak 567 jemaah calon haji mengikuti simulasi itu di edupark pada Kamis (12/7). Jemaah disarankan naik ke lambung pesawat secara hati-hati dan urut, begitu pula turunnya. Mereka dipandu mengenakan dan melepas sabuk pengaman penumpang.

Di edupark, Pemkab memiliki sebuah pesawat tanpa mesin jenis Boeing 737-300 dinamai ‘Karanganyar Air’. Usai dari simulasi, mereka dipandu manasik haji oleh petugas Kantor Kementrian Agama Karanganyar di Masjid Agung.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge