0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-KTP Anda Habis Masa Berlakunya? Hati-Hati Bisa Terblokir

E-KTP (dok.timlo.net/nanin)
Sragen – Bagi warga masyarakat pemegang KTP elektronik (e-KTP) yang masa berlakunya telah habis diminta untuk melakukan aktivasi di kantor kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcatpil). Imbauan itu disampaikan lantaran ada beberapa warga Sragen yang e-KTP-nya terblokir lantaran masa berlakunya telah habis.
“Kami imbau kepada warga yang e-KTP masa berlakunya sudah habis, sempatkan waktu untuk melakukan aktivasi kembali,” kata Sekretaris Dispendukcatpil Sragen, Wahana Wijayanto, belum lama ini.
Saat ditemui Timlo.net, di ruang kerjanya, Wijayanto menerangkan, belakangan memang beredar broadcast di media sosial (Medsos) terkait e-KTP yang telah habis masa berlakunya untuk melakukan aktivasi di kantor Dispendukcatpil setempat. Kalau tidak dilakukan aktivasi, maka e-KTP tersebut bakal terblokir dan tidak berlaku.
Kepala Dispendukcatpil Sragen, Haryanto Wahyu L Wiyanto awalnya menyatakan kalau broadcast di Medsos tersebut adalah hoax. Pasalnya, e-KTP yang masa berlakunya tertulis lima tahun tersebut secara otomatis berlaku seumur hidup, tanpa harus melakukan aktivasi lagi. Namun setelah ada dua warga Sragen yang mengalami sendiri e-KTP miliknya diblokir lantaran tidak diaktivasi setelah habis masa berlakunya, Wahyu baru percaya.
“Itu hanya kasuistis. Karena itu mungkin KTP yang dicetak tahun 2012 atau 2013 yang masih terdapat masa berlaku. Yang laporan ke kita baru dua warga, kalau e-KTPnya diblokir,” jelas Wahyu.
Lebih jauh dia menjelaskan, e-KTP yang dikeluarkan tahun 2012 dan 2013 memang masih menggunakan aplikasi lama. Kemungkinan aplikasi tersebut belum semuanya otomatis.
Tapi setelah keluar Permendagri No 24 tahun 2013, aplikasi yang digunakan sudah berubah yang secara otomatis e-KTP yang dicetak juga berlaku seumur hidup. Pihaknya mengimbau, warga pemegang e-KTP yang masih tertulis masa berlaku agar mengecek ke kecamatan untuk mengetahui apakah e-KTP yang dimiliki terblokir atau tidak.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge