0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinkop UMKM Janjikan Lokasi Display Bagi Pengrajin

Produk UMKM (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) Solo berencana menyediakan tempat display bagi produk pelaku UMKM di Solo. Ruang display ini rencananya akan diberikan kepada pelaku industri craft yang belum memiliki lokasi untuk memamerkan produknya.

“Kita sedang mengajukan permohonan tempat di bekas UPTD Laweyan. Memang tempatnya kecil. Tapi enggak apa-apa daripada tempatnya menganggur dan tidak difungsikan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Nur Haryani, beberapa waktu lalu.

Diterangkan pemberian fasilitas ini dilakukan untuk mengumpulkan produk-produk para pelaku UMKM di Solo ke dalam satu tempat. Sehingga bisa menjadi tujuan alternatif para wisatawan yang berburu oleh-oleh khas Solo.

Nur Haryani menambahkan bahwa ada 43.700 UMKM yang ada di Kota Bengawan. Jumlah tersebut sebagian besar adalah pedagang di pasar, yang menjadi binaan dari Dinas Perdagangan. Sedangkan yang menjadi binaan Dinkop UMKM ada sekitar 2942 UMKM. Jumlah ini cukup besar dan potensial untuk ditumbuhkembangkan.

Pihaknya juga telah memberikan pelatihan berupa teknik penjualan dalam jaringan (daring/online) untuk bisa meningkatkan penjualan produk UMKM.

“Beberapa pelatihan seperti pelatihan penjualan secara daring, pendampingan, dan lainnya terus kita lakukan untuk meningkatkan penjualan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge