0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita 19 Tahun Ini Jadi Dokter Termuda di Malaysia

Chan. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Tahun depan, Chan Hao Shan yang berusia 19 tahun akan disumpah sebagai dokter. Dia berhasil meraih gelar Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) di Taylor’s University di Malaysia. Wanita berbakat itu akan menjadi dokter termuda di negara itu di usia 20 tahun.

Chan menjelaskan jika minatnya di bidang pengobatan muncul di usia 8 tahun saat ibunya didiagnosa dengan kanker payudara. Pada usia muda, dia memiliki minat mempelajari tubuh manusia dan bagaimana berbagai organ bekerja. “Sebagai contohnya, saya benar-benar tertarik untuk tahu apa yang terjadi saat tenggorokan menelan sesuatu,” katanya.

Orang tuanya memutuskan untuk memindahkannya ke sebuah sekolah internasional setelah tahu jika kemampuan akademisnya lebih tinggi dari teman yang lain. Saat itu dia sudah sekolah selama tiga tahun di sebuah sekolah dasar di Kuala Lumpur.

Dia bahkan lulus SMP dalam waktu setahun. Saat berusia 14, Chan berhasil menyelesaikan the Australian Matriculation Programme, sebuah program pra universitas ternama internasional dalam setahun. Saat itu, dia adalah siswa termuda yang berhasil lulus.

“Saya selalu suka menantang diri sendiri, jadi saya pikir kenapa tidak lompat lebih tinggi di sekolah? Saya seringkali merasa bosan di kelas dan merasa kecepatan belajarnya terlalu lambat,” terangnya.

Dia juga menyatakan jika dia berencana untuk melanjutkan studinya sebagai seorang spesialis segera setelah lulus. Tapi dia belum memutuskan spesialisasi apa yang akan dia ambil.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge