0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Coba Foto Selfie, Wanita Ini Rusak Karya Seni Senilai Rp 2,6 Miliar

Wanita coba foto selfie rusak karya seni. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Seorang wanita mencoba berfoto selfie di dalam sebuah galeri seni di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Dia tidak sengaja menyenggol sebuah pilar, menyebabkan efek domino yang merusak sebuah karya seni. Karya itu diperkirakan bernilai sekitar $200 ribu (Rp 2,6 miliar).

Beberapa saat sebelum kejadian itu, para turis terlihat di rekaman video keamanan mengamati karya seni itu. Karya itu dipasang di dalam ruangan dan berupa belasan pilar dengan berbagai ukuran. Belasan pilar itu ditata ke dalam empat baris dengan karya seni berbeda ditaruh di atasnya.

Ruangan beserta isinya diciptakan oleh seniman Simon Birch dan disebut Hypercaine. Ruangan itu merupakan salah satu dari 14 ruangan yang dipamerkan dalam pameran di The 14th Factory.  Rupanya wanita itu ingin memperoleh foto selfie yang bagus dan jongkok di dekat sebuah pilar. Sayangnya, pilar itu tersenggol dan menyebabkan reaksi berantai dan semua pilar jatuh.

Seorang YouTuber dengan nama akun Party Pooper mengunggah video rekaman keamanan itu. Dia mengaku sebagai teman Simon Birch. Dalam deskripsinya dia menulis: “Kejadian ini terjadi di instalasi seni teman saya, Simon Birch di The 14th Factory di Los Angeles saat seorang wanita mencoba jongkok dan berpose di depan sebuah pilar memegang sebuah patung untuk berfoto. Dia tidak sengaja bersandar pada pilar itu dan sisanya adalah sejarah..karya seni senilai $200.000 hancur!”

Untuk pameran itu, 16 seniman dari berbagai bidang dari Cina, Hong Kong, Amerika Serikat (AS), UK dan Kanada membantu Simon merealisasikan visinya. Menurut Design Milk, proyek ini memerlukan waktu enam tahun sebelum terwujud. Awalnya dia berencana mengadakan pameran itu di Hong Kong, di mana dia tinggal saat ini. Dia lalu memilih sebuah gudang kosong di LA. Tidak ada informasi apakah wanita itu harus mengganti kerugian atau tidak.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge