0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Latihan BTCLS

Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Solo latihan BTCLS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 79 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta latihan Basic Trauma Cardiniac Life Support (BTCLS), Kamis-Minggu, (13-16/7/2017).

“Pelatihan ini membekali para mahasiswa dalam penanganan gawat darurat. Ini sangat berguna dalam dunia  kesehatan serta bekal calon alumni untuk magang atau kerja di rumah sakit, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa di bidang kegawatdaruratan,” ungkap Ketua Penyelenggara BTCLS, Yuli Widyastuti kepada Timlo.net, di Gedung Rektorat Stikes PKU Muhammadiyah Surakarata,  Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jumat (14/7).

Pelatihan ini, menurut Yuli, STIKES PKU Muhammadiyah Solo menggandeng Jakarta Medical Service and Training (JMST) 119. Pesertanya dari mahasiswa semester VI D3 Keperawatan Stikes Muhammadiyah Surakarta, mahasiswa program Ners dari perguruan tinggi lain dan para perawat rumah sakit.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kurikulum Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, Cemy Nur Fitria mengatakan, ke 79  mahasiswa peserta latihan akan magang di 7 Rumah Sakit PKU  Muhammadiyah Soloraya. Untuk itu, pelatihan ini sebagai bekal dan pasca wisuda akan mendapatkan keterangan magang dan sertifikat BTCLS.

Cemy berharap, setelah mengikuti pelatihan BTCLS, peserta pelatihan (perawat, bidan dan dokter umum) mempunyai kemampuan dan keterampilan tentang penanganan kedaruratan trauma dan jantung . Serta mampu melaksanakan tugas atau menolong penderita gawat darurat seoptimal mungkin.

“Juga meningkatkan kemampuan dalam asuhan keperawatan pada klien dengan kegawatdaruratan di rumah sakit atau tempat kerja (Emergency of Nursing), pelatihan dasar ini wajib diikuti setiap mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah sebelum bekerja, karena mereka harus siap melakukan penanganan dasar trauma,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge