0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipenuhi Wahana Permainan, Monjari Jadi Kawasan Ramah Anak

Wahanan permainan anak di Monumen Banjarsari (Monjari) Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Ada pemandangan yang beda dari Taman Monumen 45 Banjarsari (Monjari). Taman yang biasa hanya digunakan sebagai salah satu lokasi olahraga ini kini menjadi kawasan ramah anak. Sebab di salah satu sudutnya, atau tepatnya di ujung barat monumen, terpasang belasan unit mainan gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Solo.

“Kalau pemasangannya sudah sejak sebelum Lebaran. Ada permainan ini, Monjari jadi lebih rame dari biasanya,” ungkap salah satu petugas Linmas yang berjaga di kawasan tersebut, Pramono.

Dari hasil pantauan, Jumat (14/7), tampak wahana permainan anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, jembatan goyang, hingga perosotan ramai digunakan anak-anak untuk bermain. Wahana permainan tersebut dicat dengan aneka warna yang mencolok, sehingga menarik perhatian anak-anak.

“Biasanya dari pagi sudah mulai ramai. Nanti siang agak sepi, sore ramai lagi, begitu.” imbuh Pramono.

Untuk menjaga ketertiban linmas yang bersiaga di lokasi harus kerap berkeliling dan memantau lokasi wahana permainan. Sebab tak jarang ada anak yang berebut permainan atau justru ada orang dewasa yang menggunakan wahana tersebut.

“Ya biasa kan kadang anak berebut, tidak mau mengalah biasanya kita tengahi. Kl ada orang dewasa yang pakai langsung kita tegur,” imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Solo, Hasta Gunawan menuturkan, wahana permainan anak-anak tersebut bantuan dari salah satu perusahaan di Solo, melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR).

“Memang tidak ada seremoni khusus atau diresmikan begitu, yang penting bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan dipelihara dengan baik, sehingga awet,” kata Hasta.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge