0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Realisasi PAD Solo Baru Mencapai 48 Persen

Balaikota Solo (dok.timlo.net/ist)

Solo – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Solo hingga triwulan kedua tahun anggaran 2017 baru tercapai 48 persen. Hanya dua persen lebih rendah dari target 50 persen untuk periode tersebut. Namun Pemerintah Kota Solo optimis angka tersebut akan jauh lebih baik di triwulan ketiga nanti.

“Meskipun kurang dua persen dari target, Saya optimis sekali tidak ada persoalan,” kata Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Agus Suyamto, Jumat (14/7).

PAD Kota Solo untuk tahun anggaran 2017 ditargetkan sebesar Rp 477,337 miliar. Sampai triwulan kedua, PAD baru terealisasi Rp 229,13 miliar. Suyamto menilai hal ini disebabkan diantaranya oleh pelaku wajib pajak yang cenderung membayar pajak mendekati masa jatuh tempo.

“Misalnya PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) kan jatuh temponya September. Jadi sampai Juli ini banyak yang belum bayar. Kan boleh-boleh saja to,” katanya.

Masa Lebaran yang berdekatan dengan Tahun Ajaran Baru juga diduga menjadi penyebab. Banyak masyarakat yang menunda pembayaran pajak. Mereka mengalokasikan uang untuk berlebaran bersama keluarga dan mendaftarkan anak ke sekolah baru.

“Saya yakin nanti di triwulan ketiga dan keempat akan meningkat,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge