0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disparta: SBC Didorong Jadi Karnaval Internasional

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo, Anggoro Hexa (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Sebanyak 190 peserta dipastikan bakal ambil bagian di ajang Solo Batik Carnival (SBC) X, Jumat-Minggu (14-16/7) besok. Mereka akan menampilkan kostum dengan enam sub tema yang segaris dengan tema besar Astamurti Kawijayan.

Sub tema tersebut diantaranya adalah, Kostum Sekar Jagad, Wayang, Topeng Panji Klana, Mustika Jawa Dwipa, Legenda Ratu Kidul, dan Jatayu. Jumlah tersebut masih ditambah dengan 40 orang perwakilan kontingan dari Jember Fashion Carnival, dan 40 orang dari Cirebon Caruban Carnival.

“Serta masih ada dari Gilang Ramadhan Studio Drum, Peni Candra Rini, dan beberapa perwakilan dari Akari. Total ada sekitar 355 peserta dan pendukung, seperti musik dan lainnya.” kata Ketua Yayasan SBC, Susanto, Kamis (13/7).

Sementara Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo, Anggoro Hexa mengatakan, pihaknya berharap berjalannya agenda SBC bisa membawa dampak yang cukup signifikan bagi sektor pariwisata. Dikatakan, secara tersirat Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo pernah menyatakan keingginannya untuk membuat SBC menjadi karnaval berkaliber internasional.

Tak main-main dengan ucapannya itu, segenap stakeholder terkait turut dilibatkan dalam menyukseskan gelaranbyang sudah menginjak satu dasawarsa ini. Selain itu dukungan pemerintah yang berupa sarana seperti pemasangan barikade, rekayasa lalu lintas, dan lainnya, diklaim akan menjanjikan penyajian yangvlebih baik dari tahun kemarin.

“Untuk menuju gelaran bertaraf internasional tentu saja ada banyak yang harus diperbaiki, diantaranya sajian kostum, manajemen penonton, manajemen pertunjukan, dan lainnya. Juga promosii yang gencar untuk menghadirkan wisatawan menjadi salah satu kuncinya.” kata Hexa.

Dikatakan pihaknya akan segera menghitung dampak yang ditimbulkan dari gelaran ini. Mulai dari okupansi hotel, penjualan souvenir batik, serta jumlah pengunjung.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge