0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Kanker Serviks, BPJS Gelar Pemeriksaan Gratis

Layanan pemeriksaan kanker serviks yang dilakukan BPJS Kesehatan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Tingginya angka kematian di Indonesia akibat penyakit kanker seviks menjadi perhatian serius Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk menyikapi hal itu, BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia pada 13-31 Juli 2017.

“Untuk wilayah Soloraya sendiri kita mengggelar kegiatan pemeriksaan dan edukasi mengenai kanker serviks di tiga tempat. Yaitu di PT Sari Warna Asli Textile Solo, PT Adi Kencana Mahkota Buana Karanganyar dan PT Deltomed di Wonogiri,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Solo, Ildha Nurul Fajri kepada wartawan, Kamis (13/7).

Melalui program Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar di Soloraya, Ildha menargetkan sekitar 2000 peserta JKN-KIS. Mengingat banyaknya peserta yang akan dilakukan pemeriksaan itu, program pemeriksaan atau deteksi dini kanker serviks akan dilakukan secara bertahap hinga akhir bulan.

Dalam melakukan pemeriksaan itu, menurutnya, ada dua metode yang digunakan yaitu papsmear dan IVA.  Untuk pemeriksaan dengan metode papsmear dilakukan menggunakan laboratorium yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sedangkan Iva, para peserta dapat melakukannya melalui layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Dijelaskan, Kesehatan fokus kepada penanganan terhadap kanker serviks karena selama ini angka kematian perempuan akibat penyakit tersebut cukup tinggi. Dan pada umumnya penyakit itu baru dapat terdeteksi ketika sudah stadium lanjut.

“Oleh karena itu dengan adanya program ini kita ingin mengedukasi dan mendekatkan layanan kepada peserta JKN-KIS. Karena pada dasarnya, panyakit itu bisa disembuhkan apabila masih dalam stadium awal. Terkait dengan biaya, peserta tidak perlu kuwatir karena semuanya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge