0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinas Pariwisata Hitung Multiplier Effect Even Solo Batik Carnival

Kepala Disparta kota Solo, Anggoro Hexa (foto: Heru)

Solo – Dinas Pariwisata (Disparta) Solo akan segera menghitung kenaikan jumlah pengunjung dan okupansi hotel dari penyelenggaraan event Solo Batik Carnival (SBC). Even tahunan yang sudah satu dasawarsa ini menjadi salah satu agenda kota yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan lokal, maupun internasional.

“Kalau perhitungannya nanti, setelah agenda terlaksana baru kita bisa merinci jumlah wisatawan yang hadir, serta kenaikan okupansi hotel dengan adanya SBC ini,” papar Kepala Disparta, Anggoro Hexa, Kamis (13/7).

Pihaknya memperkirakan ada sekitar 100 ribu orang pengunjung akan menghadiri gelaran yang diselenggarakan secara berturut dalam tiga hari, mulai Jumat-Minggu (14-16/7). Selain itu masih ada delegasi dari luar kota yang akan hadir berjumlah ratusan orang.

“Kita mengundang kepala dinas pariwisata dari seluruh Kabupaten-Kota se Jawa Tengah. Selain itu masih ada pihak dari kementerian, dan penjualan tiket untuk penonton berbayar,” terangnya.

Dia berharap, keberadaan SBC bisa menyumbang secara signifikan kelangsungan industri pariwisata Solo.

Sementara Ketua Yayasan SBC, Susanto, menjelaskan selain dilaksanakan oleh peserta SBC dari Solo, gelaran dengan tema Astamurti Kawijayan ini juga akan diikuti oleh Jember Fashion Carnival dan Cirebon Caruban Carnival.

“Ada perwakilan dari dua kelompok tersebut sebanyak 40 orang masing-masing kelompok, yang juga akan turut bergabung dalam devile,” kata dia.

Susanto mengaku pemerintah Solo menganggarkan dana sebesar Rp 150 juta untuk pelaksanaan even yang diklaim bernilai miliaran rupiah tersebut.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge