0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Pameran Produk UMKM

UNS menggeelar Pameran Produk UMKM (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pameran yang merupakan rangkaian kegiatan 6th UNS Small Medium Enterprise’s (SME’s) Summit & Awards 2017 berlangsung tanggal 12 – 14/7, di Student Center  UNS Solo.

“Pameran yang dilangsungkan hingga Jumat (14/7) tersebut memperkenalkan beragam produk UMKM dampingan dalam Program Kemitraan dan Badan Lingkungan (PL-BK) maupun Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dan instansi yang konsen dalam pengembangan UMKM, serta bagi UMKM dampingan Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS,” jelas Kepala Humas UNS, Andre Rahmanto kepada Timlo.net, di kampus UNS, Solo, Kamis (13/7)

Sementara itu, Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi mengatakan, UMKM merupakan salah satu dari enam unggulan yang dimiliki UNS. Dalam empat tahun ini UNS secara berturut-turut telah menerima penghargaan di bidang pengembangan UMKM, baik dari menteri maupun dari presiden karena UNS dinilai sebagai perguruan tinggi yang sangat peduli terhadap keberadaan dan pengembangan UMKM.

Ravik menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah rutin mengadakan kegiatan UNS SME’s Summit and Awards tersebut sejak 2011, dalam rangka apresiasi UNS terhadap pentingnya UMKM dalam memberikan sokongan pengembangan ekonomi khususnya, dan pembangunan ekonomi umumnya di Indonesia.

Namun Ravik juga berharap penyelenggaraan UNS SME’s Summit and Awards ke depan akan meningkat dari skala nasional menjadi berskala internasional, termasuk pameran maupun seminarnya. “Jadi dalam pameran mendatang diharapkan tidak hanya bisa dinikmati oleh tingkat nasional tapi juga dari masyarakat luar negeri,” tegasnya.

Peserta pameran UMKM kali ini yaitu PLUT-KUMKM Kabupaten Cianjur, BDS Pupuk Bandung, PT Pertamina (Persero) RU II Kilang Sungai Pakning, PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, PT Badak NGL, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Holcim Indonesia Tbk, Pabrik Cilacap, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Mitra Binaan PSP-KUMKM UNS, dan outlet Fakultas Pertanian UNS.

Selain kegiatan pameran produk, juga akan diselenggarakan seminar nasional di UNS Inn, Kamis (13/7). Seminar dengan tema Peningkatan daya saing UMKM berbasis Ekonomi Kreatif dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN itu terselenggara atas kerja sama PSP-KUMKM LPPM UNS Solo dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Kemudian juga ada penganugerahan atau awards kepada beberapa instansi atau perusahaan yang akan dilangsungkan di UNS Inn, Jumat (14/7) malam.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge