0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cangkir Kopi Ini Terbuat Dari Kulit Buah Kopi

Cangkir kopi Huskee. (Dok: Timlo.net/ Newatlas.com)

Timlo.net—Menurut pengakuan Starbucks, ada sekitar 4 miliar cangkir kopi yang mereka buang setiap tahunnya. Dan jumlah sampah ini barulah berasal dari satu perusahaan. Jika para pencinta kopi ingin mengurangi sampah ini, mereka disarankan membawa cangkir mereka sendiri saat pergi ke kafe.

Tapi startup asal Australia, Huskee menawarkan solusi yang lebih maju. Mereka membuat cangkir kopi yang terbuat dari kulit buah kopi yang dibuang. Menurut perusahaan itu ada 1,48 ton kulit buah kopi yang dibuang setiap tahunnya di seluruh dunia. Beberapa kulit digunakan sebagai pupuk, sementara sisanya hanya dibuang begitu saja. Huskee membeli kulit buah kopi di perkebunan di Yunnan, perbatasan Cina dan Myanmar. Sampah kulit ini lalu diubah menjadi resin keramik.

Resin inilah yang digunakan untuk membuat cangkir kopi yang tidak gampang retak. Cangkir itu juga aman dimasukkan ke dalam mesin cuci piring atau microwave dan bisa didaur ulang. Cangkir ini tidak memiliki rasa, jadi tidak ada rasa kopi di dalamnya.

Cangkir ini juga tahan panas sehingga Anda tidak akan kepanasan saat memegangnya saat diisi kopi panas. Saat ini, Huskee sedang menggalang dana di Kickstarter untuk memproduksi cangkir ini secara massal. Ada tiga ukuran cangkir yang ditawarkan. Penyumbang bisa mendonasikan uang minimal $35 (Rp 466 ribu) untuk memperoleh cangkir ukuran 180 ml.

Sumber: Newatlas.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge