0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Persiapan Kaltim Jadi Ibu Kota Negara

Tugu Monas di Jakarta (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Tiga provinsi di Kalimantan jadi opsi lokasi ibu kota negara yang baru. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan kesiapannya dan telah menyediakan lahan di Teluk Balikpapan. Kepastian kesiapan itu bakal dilaporkan ke Presiden Jokowi yang akan berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur, selama dua hari, Kamis (13/7) besok.

“Pemerintah Provinsi Kaltim, siap jadi ibu kota negara Republik Indonesia. Siap dalam arti sebenarnya, untuk sebuah ibu kota negara,” kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dalam keterangan resminya kepada wartawan, di kantornya, Jalan Gadjah Mada, Samarinda, Rabu (12/7).

Awang menerangkan, Kalimantan Timur punya sejumlah fasilitas penunjang, seperti Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, pelabuhan Kariangau skala internasional, dan pembangunan pelabuhan yang dibangun PT Kereta Api Borneo.

“Kaltim juga punya jalan tol (yang sedang dalam pembangunan) dan proyek kelistrikan,” ujarnya.

Awang mempersilakan Bappenas dan DPR RI, datang ke Kalimantan Timur, selain juga mempertimbangkan opsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

“Kaltim juga tidak mau ketinggalan, siap jadi ibu kota negara. Dijamin tidak ada gempa, lokasinya sekitar Balikpapan,” sebutnya.

Menurut dia, Pemprov siapkan lahan cukup luas di sekitar teluk Balikpapan, berapapun kebutuhannya. Lahan di Balikpapan, clean and clear, tinggal ditetapkan oleh Bappenas dan persetujuan DPR untuk dimanfaatkan.

“Saya ada solusi, pindahnya jangan sekaligus pindah. Para menteri secara bertahap pindah, yang pertama Kementerian ESDM dan Pertamina. Karena di Kaltim, banyak sekali proyek strategis bidang perminyakan dan gas.

Selain itu juga, menurut Awang, kepantasan daerah di Kaltim jadi ibu kota lantaran Kaltim masuk jalur laut strategis dan jalur tol laut mulai dari Surabaya ke Banjarmasin, ke Balikpapan dan ke utara Kalimantan.

“Saya minta ke Bappeda Kaltim, besok akan saya tunjukkan ke Presiden. Pak, ini lahan ibu kota negara. Insya Allah, Presiden akan terima usulan dari saya, sekaligus ¬†lahannya,” ungkap Awang.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge