0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Industri TPT Tumbuh 0,03 Persen, Pemerintah Diminta Lebih Fokus

Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah (Jateng), Liliek Setiawan (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kinerja dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dalam negeri pada semester pertama 2017 menujukan tren positif. Pasalnya disaat kondisi ekonomi global belum sepenuhnya pulih, tapi industri TPT dalam negeri justru terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

“Hasil evaluasi pada semester pertama, khusus industri TPT terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan. Yaitu terjadi peningkatan diangka 0,03 persen dari pencapaian produk domestic bruto (PDB) tahun lalu,” ujar Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jateng, Liliek Setiawan kepada wartawan, Rabu (12/7).

Dirinya menyebut, tingginya pencapaian itu didorong dari perkembangan kondisi ekonomi nasional yang dianggap masih cukup stabil. Oleh karena itu, meski pasar global sedang mengalami kondisi yang fluktuatif tapi pasar dalam negeri masih dapat diandalkan.

Sementara itu untuk dapat mendorong pertumbuhan industri TPT nasional, Lilik menyarankan agar pemerintah bisa lebih focus seperti halnya yang dilakukan oleh India.  Hal itu perlu dilakukan, karena industri TPT di dalam negeri mampu menyerap jutaan tenaga kerja. Sehingga perannya dapat menjadi jaring pengaman sosial bagi masyarakat.

“Di India sekarang ini sudah ada kementrian tersendiri yang mengurusi pertekstilan. Dan kalau kita mau, mestinya Indonesia bisa melakukan hal serupa. Mengingat industri TPT di Indonesia cukup besar, bahkan karyawannya ada sekitar 2,98 juta atau setara dengan 17 persen tenaga kerja di sektor manufaktur,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge