0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah di Solo Siap Lagukan Indonesia Raya Tiga Stanza

Ketua MKKS SMP Kota Solo, Joko Slameto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Solo menyatakan, SMP di Solo siap melaksanakan lagu Indonesia Raya secara tiga stanza (bait). Pelaksanaan akan dimulai tahun pelajaran 2017/2018 ini.

“Lagu kebangsaan Indonesia akan dinyanyikan dalam tiga bait. Tetapi awalnya akan dilakukan secara bertahap,” jelas Ketua MKKS SMP Kota Solo, Joko Slameto kepada wartawan saat dikonfirmasi terkait instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, di SMPN 1 Solo, Rabu (12/7).

Awalnya nanti, menurut Joko, dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza tersebut akan dilakukan bertahap, yaitu dengan menyanyikan satu stanza terlebih dulu setiap harinya. Hal itu dengan mempertimbangkan waktu dalam menyanyikan lagu tersebut. Sebab untuk menyanyikan satu stanza lagu Indonesia Raya memakan waktu sekitar lima sampai enam menit.

Sejauh ini, lanjut Joko, untuk sekolah-sekolah negeri sudah dilakukan koordinasi terkait pelaksanaannya. Untuk teknis pentahapan, misalnya untuk hari pertama, menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk stanza pertama, kemudian hari kedua stanza kedua, hari ketiga stanza ketiga, hari keempat stanza pertama, demikian seterusnya.

Tetapi untuk pelaksanaan upacara bendera setiap Senin, Joko mengatakan, sekolah-sekolah masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo tentang teknis pelaksanaan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Etty Retnowati membenarkan adanya rencana menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza yang dilaksanakan secara bertahap di sekolah-sekolah.

Hanya untuk pelaksanaan upacara bendera, Etty mengatakan untuk sementara masih akan dinyanyikan satu stanza terlebih dulu, hingga sampai ada petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge