0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Ini Jadi Wanita Termuda yang Terbangkan Boeing 777

Anny Divya. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Di usia 30 tahun Anny Divya menjadi wanita termuda yang pernah menerbangkan pesawat Boeing 777. Tapi usahanya mewujudkan mimpinya tidaklah mudah. Anny mulai berlatih menjadi pilot di usia 17. Walaupun didukung oleh kedua orang tuanya, anggota keluarga lainnya menentang pilihan karir wanita itu. Tapi Anny yang tumbuh besar di Andhra Pradesh, India, menolak mendengarkan para penentangnya.

Dia justru bertahan dengan pilihan karirnya hingga dia bisa bergabung dengan the Indira Gandhi Rashtriya Uran Akademi (IGRUA), sebuah sekolah penerbangan di Uttar Pradesh. Dia melanjutkan pelatihannya di Spanyol dan London sebelum memperoleh kualifikasi menjadi penerbang komersial. Anny menyatakan keberhasilannya berkat dukungan ibu dan ayahnya, pensiunan pejabat militer.

Saat dia mengalami kesulitan secara finansial, dia berkata jika orang tuanya menolong membayar biaya pendidikannya. Padahal tidak ada jaminan dia bisa memperoleh pekerjaan pilot untuk membayar kembali uang yang dia pinjam.

“Saya berterima kasih kepada orang tua dan guru saya untuk siapa saya sekarang ini. Orang tua saya benar-benar percaya tujuan saya dan membiarkan saya terbang. Waktu itu tidak pekerjaan, jadi uang yang diberikan orang tua saya mungkin tidak bisa saya kembalikan saat itu. Tidak ada yang mengikuti latihan penerbangan di Vijayawada saat itu. Jadi saya tidak didukung oleh banyak orang di sekitar saya. Tapi saya hanya ingin terbang,” terangnya.

Anny mengakui jika perjuangannya tidaklah mudah dan berkata dia sering dibully karena kemampuannya berbahasa Inggris. “Orang-orang mengejek dan menertawai saya tapi saya tahu saya harus bicara—bahkan jika saya membuat kesalahan—supaya benar-benar bisa belajar. Orang-orang terbiasa menghina saya karena Bahasa Inggris saya jelek dan hal itu sangat menyakiti saya,” katanya.

Anny menolak untuk menyerah dan mencoba melatih kemampuannya berbahasa Inggris di sekolah penerbangannya. Akhirnya dia mampu memperbaiki keterampilannya berbicara Bahasa Inggris. Lalu, pada usia 19, dia melanjutkan pelatihannya ke Spanyol. Di sanalah dia pertama kalinya menerbangkan pesawat Boeing 737.

Lalu, pada usia 21, Anny dikirim ke London untuk menyelesaikan pelatihan tingkat menengah dan menjadi pilot pesawat Boeing 777. Yang luar biasa, menjadi pilot wanita termuda pesawat Boeing 777 bukanlah satu-satunya pencapaiannya. Dia juga memperoleh gelar dalam BSC Aviation, seorang pemain keyboard klasik, penari dan lulusan S2 Hukum.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge