0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Pelecehan Online Naik Selama Beberapa Tahun

Troll. (Dok: Timlo.net/ Indy100.com )

Timlo.net—Pada awal berkembangnya internet, sebagian besar para pengguna mungkin masih naif. Mengirim dan menerima pesan dari orang-orang tidak dikenal online. Sekarang, jika kita menerima pesan dari orang tidak dikenal di internet, kita cenderung curiga. Bisa jadi pesan itu berisi malware, spam, atau pesan dari hacker atau troll dan seterusnya.

Sekalipun ada banyak alat pemblokir dan filter di internet, ternyata jumlah pelecehan online juga naik. Penelitian yang diadakan oleh the Pew Research Center menyimpulkan hal itu. Sebanyak 41 persen dari responden dewasa dalam penelitian mereka mengaku pernah dilecehkan secara pribadi di internet. Padahal pada tahun 2014, angka ini hanya mencapai 35%. Hal ini berarti secara umum selama tiga tahun ini angka pelecehan naik 6%.

Bentuk pelecehan ini diantaranya makian, mempermalukan secara sengaja, ancaman fisik dan pelecehan seksual. Yang menarik dalam penelitian itu terungkap jika online stalking angkanya tetap selama bertahun-tahun yaitu 7 persen.

Naiknya jumlah pelecehan ini dianggap meresahkan. Padahal sosial media seperti Facebook dan Twitter memperkenalkan alat untuk memblokir spammer dan troll. Jadi apakah alat-alat ini efektif atau tidak, memang perlu dilihat dalam jangka panjang.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge