0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Faktor Pemicu Kekerasan di Kalangan Pelajar

Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo — Kasus kekerasan yang melibatkan anak usia dini menjadi sorotan Unit Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA) Satreskrim Polresta Solo. Hingga setengah tahun terakhir, terdapat delapan pelaku dengan dua orang korban akibat pengeroyokan.

“Rata-rata usia 13-15 tahun atau usia sekolah. Baik itu pelaku maupun korban,” terang Kanit PPA Polresta Solo, AKP Hastin Mahardjanti, Rabu (12/7) siang.

Menurut Hastin, kekerasan yang terjadi di kalangan pelajar ini dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari urusan asmara, tingkah laku, menunjukkan eksistensi diri, hingga masalah sepele seperti saling lihat yang kadang mampu memicu permusuhan. Sehingga dengan pemicu tersebut pelajar dapat bertindak diluar akal sehat dengan dalih pembenaran atas dirinya sendiri.

“Kadang urusan sepele saja mampu memicu kekerasan di kalangan usia dini. Sehingga, mereka nekat melakukan pengeroyokan atau kekerasan terhadap teman sekolah atau lain sekolahnya,” jelas Hastin.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, dapat dimulai diberikan pembekalan terhadap anak dari mulai unsur keluarga. Disisi lain, sekolah juga harus memberikan pemahaman atau pendampingan kepada anak-anak yang berpotensi mengakibatkan kekerasan. Dengan begitu, hal yang tidak diinginkan dapat dicegah dan diantisipasi sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge