0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berusia Puluhan Tahun, Jembatan Pasar Gede Dikaji

Salah satu karyawan bank yang beroperasi di sekitar Jembatan Kali Pepe menambal lubang dan memberi tanda berupa pelepah pohon palem dan bata, Senin (10/7) sore. (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Pemerintah Kota Solo akan segera mengkaji kondisi Jembatan Pasar Gede yang melintas di atas Kali Pepe. Kajian mendesak segera dilakukan mengingat usia jembatan yang sudah mencapai puluhan tahun.

“Kajiannya meliputi kekuatan struktur dan kerusakan jembatan Pasar Gede,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Solo, Joko Supriyanto, Selasa (11/7).

Kajian akan dilaksanakan melibatkan tim dari Universitas Sebelas Maret dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mengingat statusnya sebagai Benda Cagar Budaya. Di usianya yang sudah puluhan tahun, jembatan tersebut sama sekali belum pernah direvitalisasi.

“Hasil kajian itu akan jadi dasar kami melaksanakan revitalisasi,” kata dia.

Ia menambahkan, Pemkot sampai saat ini belum mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi jembatan tersebut. Anggaran akan disiapkan setelah kajian rampung.

“Dari kajian itu nanti bisa diketahui kebutuhan anggarannya,” terangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Jembatan Pasar Gede adalah peninggalan Pakubuwana X yang berkuasa di Keraton Surakarta pada tahun 1893 hingga 1939. Jembatan tersebut kini menyadang status Benda Cagar Budaya (BCB). Joko tidak mengetahui kapan tepatnya jembatan itu dibangun.

“Tapi kalau melihat statusnya sebagai BCB berarti usianya lebih dari 50 tahun,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge