0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jembatan Pasar Gede Berlubang, DPU Gerak Cepat

Salah satu karyawan bank yang beroperasi di sekitar Jembatan Kali Pepe menambal lubang dan memberi tanda berupa pelepah pohon palem dan bata, Senin (10/7) sore. (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Lubang menganga muncul di jembatan Kali Pepe yang berada di depan Pasar Gede. Lubang tersebut cukup besar hingga berpotensi mencelakai pengguna jalan. Dinas Pekerjaan Umum pun dengan sigap segera menambal lubang di tengah jalan itu, Senin (10/7) malam.

“Memang sempat berlubang tapi sudah kita selesaikan,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Solo, Joko Supriyanto, Selasa (11/7).

Pantauan timlo.net, lubang lebar lubang tersebut mencapai sekitar 25 cm dengan panjang 15 cm. Cukup lebar untuk membuat pengendara sepeda terperosok. Aspal di bagian yang berlubang ambrol sehingga pondasi jembatan terlihat.

“Itu hanya plat aspalnya saja. Tidak sampai struktur jembatan,” terangnya.

Timlo.net mengetahui keberadaan lubang tersebut, Senin (10/7) malam. Salah satu pegawai bank yang berada di sekitar jembatan tengah mengurug lubang tersebut dengan pasir. Pelepah pohon palem dan batu bata dipasang di lubang tersebut sebagai penanda agar tidak mencelakai pengguna jalan.

“Kita pasangi pelepah palem supaya kelihatan dari jauh,” kata pria yang enggan disebut namanya itu.

Sebagai informasi, jembatan Kali Pepe menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman dengan Jalan Urip Sumoharjo. Jembatan tersebut merupakan peninggalan Pakubuwana X yang berkuasa di Keraton Surakarta pada tahun 1893 hingga 1939. Jembatan tersebut kini menyadang status Benda Cagar Budaya (BCB).

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge