0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berstatus Terpidana Percobaan Boleh Mendaftar Jadi Kepala Daerah

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Seorang yang berstatus terpidana percobaan masih bisa mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada. Aturan tersebut ada di dalam PKPU dan belum diubah.

“Seluruh PKPU yang belum dibatalkan masih berlaku. PKPU soal pencalonan masih memperbolehkan terpidana itu,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta Pusat, Selasa (11/7).

Namun, Arief mengatakan aturan tersebut sempat diajukan peninjauan kembali (judicial review) kepada Mahkamah Agung. Namun hingga kini belum diketahui putusan atas pengajuan judicial review tersebut.

“Sepanjang yang saya ingat, PKPU tentang pencalonan ini ada yang ajukan judicial review (peninjauan kembali) ke MA,” ujar Arief.

Dia mengatakan, bila MA mengabulkan permohonan tersebut maka KPU bakal membatalkan aturan yang membolehkan terpidana percobaan mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada.

“Nah sebaiknya konfirmasi ke Mahkamah Agung, kapan diputuskan. Kalau itu dibatalkan ya kita batalkan juga,” ucap Arief.

Seperti diketahui, kesepakatan terpidana percobaan diperbolehkan ikut Pilkada diambil dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR dengan KPU RI, Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (9/9) lalu.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge