0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mogok Massal Taksi

Walikota Solo Temui Para Sopir Taksi, Ini Hasilnya

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menemui para sopir taksi yang menggelar aksi damai, Selasa (10/7) (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menemui para demonstran anti angkutan ilegal berbasis aplikasi, di halaman depan Balaikota Solo, Selasa (11/7). Walikota secara tegas menyatakan menolak keberadaan transportasi ilegal, di hadapan ratusan para peserta aksi yang terdiri dari pengemudi taksi dari lima perusahaan.

“Kita tegas menolak keberadaan transportasi ilegal,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, yang disambut tepuk tangan riuh massa aksi.

Dalam pertemuan tersebut, Rudy didampingi Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo, dan Ketua DPRD Teguh Prakosa membacakan surat keputusan yang dihasilkan dalam rapat antara perwakilan taksi dan pemerintah kota. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Walikota Solo adalah pengemban amanat undang-undang, dan tidak pernah mengeluarkan ijin terkait Gocar dan Uber.

Dalam kesempatan terpisah, Rudy mengatakan, Pemkot Solo tidak menolak kemajuan teknologi. Hanya saja harus dilakukan dengan cara yang benar.

“Uber tetap harus bekerjasama dengan taksi yang sudah ada. Seperti aplikasi yang lain itu Grab (sudah bekerjasama dengan taksi) misalnya, kalau seperti itu boleh, dan taksi welcome kok,” kata Pak Wali.

Lebih lanjut dirinya mengatakan akan mendesak Pemerintah Provinsi Jateng untuk segera menerbitkan aturan terkait beroperasinya Uber. Dia juga menilai, jumlah angkutan umum di Solo belum memerlukan penambahan.

“Solo itu kan kecil to, hanya 44 Kilometer persegi, saya kira sudah cukup,” ujar Rudy.

Senada, Ketua DPRD Solo Teguh Prakosa mengatakan, pihaknya mendesak Pemprov Jateng segera mengatur regulasi terhadap permasalahan ini.

“Saya pikir ini semua tergantung Provinsi, semakin cepat regulasinya diatur, semakin cepat ada kejelasan.” singkatnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge