0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cina Mulai Simulasi 200 Hari Hidup di Planet Lain

Mars. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Cina ternyata memiliki percobaan simulasi untuk hidup di planet lain. Empat mahasiswa di Beijing ikut serta dalam simulasi yang berlangsung selama 200 hari itu. Simulasi bernama Lunar Palance 365 itu akan meniru hidup di planet lain seperti Mars atau Bulan.

Para mahasiswa itu ditempatkan dalam sebuah ruangan kecil selama 200 hari. Mereka hanya memiliki sumber daya seperti halnya yang mereka miliki di Bulan atau Mars.

Mereka harus menghasilkan oksigen dari tanaman. Hal ini merupakan sebuah langkah penting. Mereka tidak akan bisa bertahan tanpa oksigen di ruang angkasa. Mereka juga harus mendaur ulang air kencing sebagai air minum. Mereka juga harus mencukupkan diri dengan persediaan yang sangat terbatas.

Simulasi ini juga memberikan tantangan psikologis yang besar bagi para mahasiswa itu. Supaya tetap bersemangat mengikuti simulasi selama 200 hari, mereka akan melakukan berbagai tugas harian. Karena simulasi ini meniru lingkungan yang nyata, komunikasi dengan teman dan keluarga juga dipotong selama 200 hari. Program ini akan melihat berapa lama para mahasiswa bisa bertahan tanpa matahari. Selain itu dampak psikologis dan fisik juga akan diteliti.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge