0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perbanyak Minum Kopi Perpanjang Usia

Kopi. (Dok: Timlo.net/ humideas.com)

Timlo.net—Kopi merupakan salah satu minuman populer di dunia. Menurut sebuah penelitian terbaru terhadap setengah juta orang Eropa, minuman itu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Penelitian itu juga mengungkap hubungan antara konsumsi kopi yang tinggi dan pengurangan resiko kematian karena semua sebab.

Studi itu dilakukan oleh para peneliti dari the International Agency for Research on Cancer (IARC) dan Imperial College London. Mereka menganalisa data kanker dan nutrisi pada lebih dari 500 ribu orang Eropa dengan usia lebih dari 35 tahun. Mereka berasal dari 10 negara berbeda di Eropa. Masing-masing dengan berbagai jenis konsumsi kopi yang berbeda. Misalnya peminum espresso di Italia dan pencinta cappuccino di the UK.

Penelitian itu mengungkap beberapa data menarik. Masyarakat Denmark mengkonsumsi kopi dalam jumlah terbanyak, sekitar 900 ml per orang per hari. Sementara Italia mengkonsumsi kopi paling sedikit sekitar 92 ml per orang per hari. Semakin sering orang minum kopi, semakin besar kemungkinan mereka adalah perokok, peminum, pemakan daging, lebih muda dan bukanlah penggemar buah dan sayuran.

Setelah melakukan tindak lanjut terhadap para peserta selama 16 tahun, ditemukan 42 ribu kematian karena berbagai sebab termasuk kanker, penyakit peredaran darah, gagal jantung dan stroke. Setelah menyesuaikan beberapa faktor seperti diet dan merokok, tim itu berkata jika para peserta yang paling banyak mengkonsumsi kopi, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah.

“Kami menemukan jika konsumsi kopi yang lebih tinggi dihubungkan dengan tingkat kematian karena semua penyebab yang lebih rendah dan khususnya untuk penyakit peredaran darah dan pencernaan,” kata pemimpin penelitian Dr. Marc Gunter dari IARC.

“Yang lebih penting, hasil ini serupa di seluruh 10 negara Eropa, dengan berbagai kebiasaan dan adat minum kopi. Penelitian kai juga menawarkan pandangan-pandangan penting tentang mekanisme yang penting bagi manfaat kesehatan kopi,” tambahnya.

Ada bukti jika para peminum kopi memiliki hati yang lebih sehat dan kontrol glukosa yang lebih baik. Data yang diperoleh peneliti berasal dari analisa penanda bio metabolisme pada 14 ribu orang. Kopi juga mengandung kafein, diterpenes dan antioksidan. Tapi para peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan guna mengetahui zat apa dari ketiganya yang paling bermanfaat. Penelitian lain diperlukan juga untuk mengetahui berapa banyak jumlah zat dalam kopi yang perlu dikonsumsi.

“Karena keterbatasan dalam penelitian observasional, kami tidak dalam tahap untuk merekomendasikan orang untuk minum lebih banyak atau sedikit. Dengan kata lain, hasil penelitian kami menyarankan jika minum kopi dalam jumlah sedang—sekitar tiga gelas per hari tidaklah berbahaya untuk kesehatan dan menyertakan kopi dalam diet bisa memberikan manfaat kesehatan,” katanya. Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal “Annals of Internal Medicine”.

Sumber: imperial.ac.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge