0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prasyarat Kemendes PDTT Tak Harus Mutlak Dilakukan

Wonogiri — Persyaratan yang diutarakan Kemendes PDTT terkait bonus bantuan dana bagi BumDes, dinilai Pemkab Wonogiri tidak mutlak harus dilakukan. Pasalnya, karakteristik dan potensi setiap desa berbeda-beda.

“Menurut saya, tidak semua persyaratan itu wajib. Contohnya, membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) perlu dipersiapkan sungguh-sungguh. Jangan sampai bikin BUMDes hanya untuk mengejar tambahan dana desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, Senin (10/7).

Menurutnya, pendapat itu sudah dia sampaikan kepada Mendes PDTT usai mengunjungi Wonogiri, pekan lalu. Demikian juga dengan program pembuatan embung. Menurutnya, beberapa desa terutama di wilayah perkotaan akan kesulitan mewujudkannya. Sebab, di desa-desa tersebut sudah terdapat waduk atau bendungan.

“Membuat sarana olah raga juga tidak mudah. Apalagi kalau harus membeli tanahnya dulu,” imbuhnya.

Dikatakan, setiap poin persyaratan itu membutuhkan anggaran yang besar. Agar anggarannya bisa dialokasikan untuk tahun depan, harus ada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang menyertakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Untuk itu, setiap program hanya bisa dilakukan secara bertahap agar tidak membebani anggaran. Adapun persyaratan yang dibuat oleh Kemendes lebih merupakan upaya mendorong agar desa terpicu untuk meningkatkan potensinya. Dapat tambahan anggaran atau tidak itu merupakan keputusan pusat,” katanya.

Seperti diketahui, Sabtu (8/7), Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo menjanjikan tambahan dana desa sebesar Rp 800 Juta per desa di tahun 2018 mendatang. Syaratnya, pemerintah desa harus melaksanakan empat program unggulan yang diinstruksikan Kemendes PDTT. Empat program tersebut adalah menerapkan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), pembuatan embung, membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun sarana olah raga desa.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge