0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenag Pastikan Kasus Visa Haji 2016 Tidak Terulang Lagi

ilustrasi (merdeka.com)

Solo — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kota Solo memastikan kendala dokumen keberangkatan Calon Jamaah Haji asal Solo tidak akan terulang lagi tahun ini. Pada musim haji 2016 lalu, sejumlah calhaj asal Solo nyaris batal berangkat karena belum memiliki paspor. Sejumlah besar lainnya di daerah lain terkendala lantaran visa dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi  belum terbit.

“Tahun ini insya Allah tidak ada kendala seperti kemarin,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kota Solo, Muslim Umar, Senin (10/7).

Ia menerangkan, mulai musim haji 2016, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuat aturan baru terkait penerbitan visa haji. Visa haji hanya diterbitkan bila jamaah sudah mendapat jaminan akomodasi, katering, dan tanggal kepulangan. Penetapan aturan baru tersebut berdekatan dengan awal musim haji.

“Makanya tahun lalu agak crowded (kacau),” kata dia.

Ia memastikan tahun ini permasalahan tersebut tidak akan terulang lagi. Pasalnya, Pemerintah sudah mulai menyesuaikan dengan aturan baru. Sejak awal, setiap persyaratan yang harus dipenuhi calhaj diperiksa secara ketat.

“Semua sudah kita siapkan. Mulai dari katering, akomodasi, transporasi dan lain-lain. Jadi sudah tidak ada lagi visa terlambat terbit karena belum memenuhi syarat,” kata dia.

Untuk diketahui, tahun 2016 lalu, 24 calhaj asal Solo terancam batal berangkat ke tanah suci karena belum memiliki paspor. Kanwil Kemenag tidak mengetahui secara pasti penyebab terlambatnya penerbitan paspor. Namun akhirnya seluruh jamaah tetap berangkat bersama kelompok terbang (Kloter) yang berangkat belakangan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge