0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidur Pada Akhir Pekan Buat Orang Lebih Pintar dan Ramping

Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Jika Anda butuh alasan untuk tidur lebih lama pada hari Minggu pagi, inilah alasannya. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jika tidur lebih lama pada akhir pekan membuat Anda lebih pintar dan lebih ramping.

Diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, penelitian itu membandingkan kebiasaan tidur 2.156 orang dewasa dengan indeks massa tubuh (IMT) mereka. Hasil penelitian memperlihatkan jika orang yang tidak cukup tidur selama hari kerja, tapi bisa menggantinya saat akhir pekan memiliki IMT yang lebih rendah.

“Tidur pada akhir pekan lebih lama mungkin memiliki efek perlindungan biologis dalam mencegah obesitas yang disebabkan karena kurang tidur,” kata para peneliti.

Teori ini bukanlah sebuah teori baru. Sebelumnya dikatakan jika orang kurang tidur mereka cenderung makan kurang sehat. Kekurangan tidur menyebabkan tingkat gula darah berubah-ubah. Hal ini membuat orang mencari makanan yang bisa memperbaiki tekanan gula mereka supaya tetap terjaga. Tapi setelah itu mereka akan merasa kelelahan.

Tapi penelitian ini melihat lebih jauh lagi. Dikatakan jika tidur bisa meningkatkan kecerdasan. Saat Anda lelah, otak Anda lambat dalam bekerja dan memori Anda memburuk. Saat Anda tidur, otak mulai memproses informasi yang sebelumnya sulit dicerna.

Tapi tentu saja, tidur secara teratur selama hari kerja tetap lebih baik. Tapi seandainya Anda terlalu sibuk selama hari kerja sehingga tidak bisa tidur cukup, sekarang Anda tahu solusinya. Anda bisa mengganti kekurangan tidur itu di akhir pekan.

Sumber: Metro.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge