0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Bakar Sampah Sembarangan Didenda Rp 500 Juta

Membakar sampah (dok.timlo.net/youtube)

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo akan menindak tegas bagi warga yang kedapatan membakar sampah secara sembarangan. Bahkan, tak segan warga yang ‘usil’ membakar sampah sembarangan akan dikenakan denda sebanyak Rp 500 juta.

“Sesuai Perda (Peraturan  Daerah-red) Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah, bagi warga yang kedapatan membakar sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp 500 juta,” tegas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Gatot Sutanto, Senin (10/7) siang.

Membakar sampah secara sembarangan, kata Gatot, mampu mengakibatkan kerugian lebih besar di masyarakat. Pasalnya, sampah yang dibakar berpotensi untuk menjadi penyebab suatu kbakaran.

Seperti kasus pada Minggu (9/7) kemarin. Terjadi kebakaran di sebuah lahan kosong di kawasan utara Kota Solo. Penyebabnya, ada seorang warga yang tidak bertanggung jawab membakar sampah di ladang kosong tersebut. Alhasil, saat api membesar mereka kaget.

“Beruntung, jaraknya masih jauh dari tempat tinggal. Tapi, warga sempat kaget juga,” jelas Gatot.

Hingga saat ini, pihaknya gencar melakukan sosialisasi terkait Perda yang telah ditetapkan tersebut. Jangan sampai, akibat ulah segelintir orang mengakibatkan warga lain menanggungnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge