0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beredar Lowongan Bandara Kulonprogo, Ternyata Hoax

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Masyarakat diminta waspada dan tidak mudah percaya dengan informasi lowongan pekerjaan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta. Lowongan kerja marak beredar melalui e-mail dan WhatsApp.

“Saat ini banyak beredar informasi melalui media WhatsApp bahwa kami sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta Baru di Kulonprogo tengah membuka lowongan pekerjaan,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Israwadi di Jakarta, Senin (10/7).

“Dengan ini kami nyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan mengandung unsur penipuan. Pengumuman rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) tidak pernah dilakukan melalui e-mail, dan tidak dipungut biaya apapun,” tegasnya.

Modus penipuan adalah pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat e-mail gratis (gmail atau yahoo)seperti rekrutmen.angkasapura1@gmail.com, angkasapura1jogja@gmail.com, recrutment.angkasapura1@gmail.com, www.angkasapura1@gmail.com, infoangkasapura1@yahoo.com sebagai alamat pengiriman lamaran.

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes.

Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu dan proses tesnya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan. Di email tersebut disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro travel (fiktif).

“Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat dan hotel,” tuturnya.

Israwadi mengatakan bahwa pengumuman rekrutmen korporat diumumkan melalui media massa nasional dan website korporat.

“Kami tidak pernah bekerja sama dengan biro travel apapun dalam hal rekrutmen karyawan. Untuk Bandara Kulonprogo pada saat ini juga belum dilakukan proses rekrutmen karyawan,” lanjutnya.

PT Angkasa Pura I (Persero) akan melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada, dan melakukan konfirmasi mengenai informasi rekrutmen melalui Contact Center Bandara 172 di nomor telepon 172.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge