0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Dorong Pengabdian Masyarakat Peneliti Muda

Mahasiswa UGM memasang alat seismomometer di Ngargoyoso (dok.timlo.net/ist)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar mengapresiasi para akademisi dan praktisi keilmuan dalam membaktikan dirinya ke masyarakat. Termasuk para mahasiswa program kuliah kerja nyata (KKN).

“Ini sangat menguntungkan Karanganyar. Buah pemikirannya bermanfaat bagi masyarakat. Kita menanti para mahasiswa di desa-desa tujuannya,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada Timlo.net, Minggu (9/7).

Ia menyinggung program KKN UGM yang mengirim 30 mahasiswanya ke Desa Berjo, Ngargoyoso. Mereka membantu BPBD merekomendasi penanganan mitigasi bencana. Sejauh ini, mereka sudah melaksanakan survei zonasi peta longsor di Dukuh Sumberejo Rt 03/Rw I Dusun Sumbersari, Desa Kemuning. Dipakai metode micro seismik dengan alat seismometer. Alat itu merekam getaran skala mikro dari tanah. Data rekaman ini diolah menghasilkan frekuensi alami dari tanah untuk mengetahui tingkat kerawanannya.

Dari kegiatan itu diharapkan dapat disusun peta kerentanan tanah yang up to date.

Peta ini akan menjadi dasar untuk menetapkan lokasi pemasangan EWS (early warning system), yang merupakan rangkaian program yang akan dilaksanakaan oleh mahasiswa KKN UGM

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge