0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Danai Proyek Robot Komputer Tulis Berita

Google. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—The UK Press Association (PA) memperoleh dana dari Google senilai €706,000. Dana itu untuk proyek di mana asosiasi itu menciptakan sebuah platform robot penulis berita. Platform bernama Radar akan menulis 30 ribu berita untuk digunakan dalam surat kabar lokal.

Tentu saja hal ini bukan berarti jurnalisme akan digantikan dengan robot. Edition-in-chief PA, Peter Clifton berkata, “Para jurnalis manusia akan menjadi bagian vital dalam proses ini, tapi Radar mengizinkan menggunakan artifical intelligence untuk meningkatkan volume berita lokal yang mustihal dilakukan secara manual. Hal ini langkah yang fantastis bagi PA.”

Bahkan proyek ini dikatakan akan menolong media lokal yang memiliki anggaran terbatas. Memiliki AI (artificial intelligence) untuk menulis dan menyediakan berita bisa menjadi cara yang lebih murah untuk menyediakan konten. Ini bukanlah pertama kalinya AI digunakan dalam berita. Keunggulan AI tentunya adalah sistem itu lebih cepat dibandingkan manusia.

Akan tetapi, robot tidak bisa menulis seperti halnya manusia. Tulisan dinilai baik atau tidak karena beberapa kriteria tertentu terutama gaya, keterampilan analisa, karakter dan lain-lain.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge