0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amin Rais : Kata-Kata Melemahkan KPK Sesungguhnya Aneh

Amin Rais (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Belakangan ini, sering terdengar kata-kata melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Ketua MPR Prof Amin Rais menyebut, kata-kata tersebut sesungguhnya agak aneh dan tidak masuk akal. Karena KPK saat ini sudah sangat lemah, dan tidak usah dilemahkan.

“KPK sudah sangat lemah, karena begitu menghadapi kasus besar. Itu pasti lembek dan menghindar,” ujar Amin saat bertemu wartawan seusai acara Halal Bihalal dan Rapat Koordinasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan Kartasura, Sukoharjo, Minggu (9/7).

Seperti kasus BLBI, kata Amin, tidak dilanjutkan, apalagi bank Century, Pelindo, dan sebagainya termasuk kasus-kasus besar lainnya tidak berani.

KPK, menurut Amin, telah melanggar pasal 11 UU KPK, yang mana yang dikejar adalah korupsi diatas Rp 1 miliar tetapi adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) justru hanya menangkap yang Rp 40 Juta, DPR disegel.

“Ini yang perlu dibenahi,” tandasnya.

Amin mengatakan, KPK secara lembaga memang diteruskan tetapi direkonstruksi atau turun mesin. Sebab yang terjadi lima pimpinan KPK yang membuat lemah diri sendiri.

Terkait kasus Novel Baswedan, Amin menandaskan harus segera diketahui. Karena Polri memiliki prestasi sangat bagus. Contoh seperti halnya kasus terorisme ternyata tidak sampai 2 – 3 hari diketemukan orangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge